Utomo, Langgeng Prayitno and Pinatih, Indriana Sari (2021) Analisis Kinerja Rumah Sakit Selama Pandemi 2020 dengan Balanced Scorecard (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Ploso Kabupaten Jombang Tahun 2020). Undergraduate thesis, STIE PGRI Dewantara Jombang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
INDRI LEMBAR PENGESAHAN09122021.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
INDRI LEMBAR PENYATAAN09122021.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
INDRI LEMBAR PERSETUJUAN SRIPSI_196221428102021.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
Abstract
ABSTRAK Rumah sakit dituntut bisa melayanimmasyarakat, berkembang secara mandiri, serta harus dapat bersaing atau bertahan meski disaat pandemi. Setiap organisasi pasti punya tujuan kinerja yang diharapkan. Untuk mengapai tujuan itu, perlu dilakukan penilaian kinerja sebagai evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja rumah sakit selama pandemi apabila menggunakan Balanced Scorecard. Metode Balanced Scorecard merupakan suatu metode pengukuran kinerja yang menitikberatkan pada empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui studi pustaka, data sekunder Rumah Sakit Umum Daerah Ploso meliputi gambaran umum rumah sakit, laporan realisasi data jumlah pasien dan karyawan. Pengukuran kinerja keuangan dilihat dari rasio ekonomis, efisiensi dan rasio efektivitas. Perspektif pelanggan dilihat dari akuisisi dan retensi pasien. Perspektif proses Bisnis Internal dilihat dari proses inovasi dan operasi. Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari tingkat retensi karyawan dan produktivitas karyawan. Hasil penelitian pada perspektif keuangan yaitu rasio ekonomis tergolong ekonomis sedangkan rasio efisiensi dan efektifitas tergolong tidak efisien dan tidak efektif. Perspektif pelanggan menunjukan retensi dan akuisisi pasien tergolong baik. Perspektif bisnis internal tergolong baik dari segi inovasi , dan dari proses operasi dari kunjungan rawat jalan tergolong baik sedangkan dari kunjungan rawat inap rasio ALOS, BOR ,TOI, BTO tidak ideal dan NDR, GDR termasuk ideal. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari retensi karyawan kurang baik sedangakan tergolong baik apabila dilihat dari produktivitas karyawan. Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HK Accounting |
Divisions: | Skripsi: Accounting |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 06:59 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 06:59 |
URI: | http://repository.stiedewantara.ac.id/id/eprint/2469 |
Actions (login required)
View Item |