PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN YANG DIMEDIASI OLEH ORIENTASI PASAR (STUDI PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH PANDE BESI DI KECAMATAN BANDAR KEDUNGMULYO KABUPATEN JOMBANG)

Darmawan, Ika Putri Andriani (2020) PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN YANG DIMEDIASI OLEH ORIENTASI PASAR (STUDI PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH PANDE BESI DI KECAMATAN BANDAR KEDUNGMULYO KABUPATEN JOMBANG). Undergraduate thesis, STIE PGRI Dewantara Jombang.

[img]
Preview
Text
1. cover-dikonversi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. bab 1-dikonversi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.BAB II-dikonversi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.BAB III-dikonversi.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
14.BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
15.BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

IKM pande besi merupakan usaha pertukangan besi dan sentra kerajinan yang dituntut kompetitif serta lebih inovatif dalam menciptakan suatu produk dalam bersaing menyesuaikan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk terhadap orientasi pasar, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh orientasi pasar pada IKM Pande Besi yang berada di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Sampel yang digunakan adalah 34 IKM Pande Besi di Desa Pucang Simo dan Desa Brodot Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji Validitas dan uji Reliabilitas dengan menggunakan metode statistik SEM (Structural Equation Modeling)-PLS dengan bantuan program WarpPLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi produk tidak dapat meningkatkan kinerja pemasaran secara langsung, namun dapat menunjang Orientasi pasar. Orientasi pasar mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Serta Orientasi pasar memediasi penuh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran IKM Pande besi di Kecamatan Bandar kedungmulyo dengan baik. Kata kunci: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRohim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HU General Management
Divisions: Skripsi: Management
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:22
Last Modified: 22 Dec 2022 05:38
URI: http://repository.stiedewantara.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item