Jayanti, Ratna Dwi Pengaruh Political Marketing Mix (Produk, Promosi, Harga, Tempat) Terhadap Keputusan Mahasiswa Di Jombang Yang Dimediasi Perilaku Pemilih. Forum Manajemen Indonesia. (Unpublished)
|
Text
hasil penelitian Hibah PDP.pdf Download (807kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh political marketing mix terhadap keputusan pemilih (mahasiswa) yang dimediasi perilaku pemilih. Konsep political marketing mix yaitu produk, promosi, harga dan tempat sebagai variabel prediktor (X), perilaku pemilih sebagai variabel mediasi (Y1), dan keputusan memilih sebagai variabel terikat (Y2) yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan internet. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Target responden adalah mahasiswa di Jombang yang memilih untuk Pemilu 2014. Jumlah sampel yang diambil untuk penelitian ini sebanyak 250 responden, Responden didapat secara non random. Selanjutnya 250 responden tersebut diberikan kuisioner untuk diisi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa jalur. Sebelumnya data harus diuji validitas dan reliabilitas untuk mendapatkan data yang valid dan reliabel. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variabel produk terhadap keputusan memilih secara langsung sebesar -0,012. Pengaruh variabel promosi terhadap keputusan memilih secara langsung sebesar 0,260. Pengaruh variabel harga terhadap keputusan memilih secara langsung sebesar 0,066. Pengaruh variabel tempat terhadap keputusan memilih secara langsung sebesar 0,211. Pengaruh variabel perilaku pemilih terhadap keputusan memilih secara langsung sebesar 0,422. Pengaruh variabel produk, promosi, harga, tempat dan perilaku pemilih terhadap keputusan memilih secara simultan sebesar 0,745 artinya variabel produk, promosi, harga, tempat, dan perilaku pemilih memiliki kontribusi sebesar 74,5% dalam mempengaruhi keputusan memilih, sementara sisanya 25,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel di atas. Pengaruh variabel produk terhadap perilaku pemilih secara langsung sebesar -0,074. Pengaruh variabel promosi terhadap perilaku pemilih secara langsung sebesar 0,269. Pengaruh variabel harga terhadap perilaku pemilih secara langsung sebesar 0,335. Pengaruh variabel tempat terhadap perilaku pemilih secara langsung sebesar 0,118. Kata kunci : political marketing mix (produk, promosi, harga, tempat), perilaku pemilih, keputusan memilih
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Lecturer Journal |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 10:04 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 02:01 |
URI: | http://repository.stiedewantara.ac.id/id/eprint/1020 |
Actions (login required)
View Item |